Selesai pelatihan P3PD di Papua Selatan, Plt Dirjen Bina Desa mengajak semua berkontribusi dalam pembangunan desa



Hal tersebut disampaikan La Oda pada penutupan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan kelembagaan pengurus desa melalui program Penguatan Tata Kelola Desa dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun 2023 Provinsi Papua Selatan, secara virtual di Kantor Direktorat Jenderal Desa. Pembangunan Pemerintahan, Jakarta Selatan, Selasa (14 November).

Ia mengatakan, pelatihan P3PD di Papua Selatan menunjukkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan kemajuan desa tersebut. La Ode berharap pemerintahan desa di Papua Selatan lebih fokus pada kemajuan desa.





“Semua harus bersinergi untuk mengelola dan membangun desa. Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan penguatan masyarakat desa di Papua Selatan,” ujarnya.

La Ode juga mengungkapkan bahwa pelatihan yang dilakukan telah memberikan manfaat besar bagi aparat pemerintah desa. Hal penting yang dapat diambil dari pelatihan tersebut haruslah esensinya, dapat dibelanjakan untuk berkontribusi terhadap kemajuan desa.

Ia berharap setelah pelatihan ini para perwakilan pemerintah daerah dapat meningkatkan kompetensinya di bidang kelembagaan, politik, kualitas sumber daya manusia, dan pengelolaan anggaran yang baik.

“Setelah mengikuti pelatihan, teman-teman dapat merancang APB desa dengan lebih baik, mengelola desa dengan baik, mengelola alokasi dana desa dan meningkatkan produktivitas di desa,” kata La ode.

La Ode mengapresiasi partisipasi peserta yang mencapai 88 persen. Menurutnya, sebagai daerah otonom baru, hal ini merupakan keberhasilan yang luar biasa.

“Kalau Papua Selatan hasil dua kelasnya 88 persen, ini prestasi yang luar biasa daerah otonom baru,” tegasnya.

READ  Keamanan Informasi Bisnis Di Ternate Luar Biasa

La Ode berharap semua pihak bahu-membahu memajukan desa. Menurutnya, jika desa-desa di Papua Selatan dikembangkan maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama membangun kampung atau kampung kita, kalau kampung terbangun maka dibangun kabupaten, provinsi Papua Selatan maju dan sejahtera. Desa maju mandiri dan sejahtera, sesuai cita-cita bersama,” kata La Ode . .

Temukan berita terkini tepercaya dari kantor berita politik RMOL di berita Google.
Mohon mengikuti klik pada bintang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *