Satu keluarga WNI berhasil meninggalkan Gaza



Kabar tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat lawatannya pada Minggu (12/11) mendampingi Presiden Joko Widodo dari Riyadh ke Washington.

Menlu menyatakan, informasi keberhasilan evakuasi diperoleh sekitar pukul 18.00 WIB. Warga Negara Indonesia merupakan keluarga yang terdiri dari suami Husein, dua orang anak, dan seorang istri asal Palestina.





“Saat ini para pria tersebut sudah berada di wilayah Mesir dan berada dalam tim evakuasi KBRI Mesir. Selanjutnya mereka akan dipindahkan ke Kairo dan bersiap untuk kembali ke Indonesia,” jelasnya.

Menlu memaparkan alasan proses evakuasi keluarga Hussein lebih lama dibandingkan keluarga WNI sebelumnya.

Mulai dari tidak adanya nama Husein dalam daftar, hingga proses penambahan nama WNI ke dalam daftar membutuhkan waktu yang lama, jelasnya.

Selain itu, sebagaimana disampaikan Menlu, setelah namanya masuk dalam daftar, evakuasi tidak dapat dilakukan karena tidak dibukanya pintu perbatasan karena berbagai hal karena situasi di lapangan.

“Proses yang panjang ini sekali lagi menunjukkan bahwa proses evakuasi tidaklah mudah. ​​Namun, segala upaya terus kami lakukan,” kata Menlu.

Sejak keluarga Husain meninggalkan Gaza, dua keluarga WNI sudah berada di luar Gaza, dan tiga orang WNI masih berada di sekitar RS Indonesia.

Kementerian Luar Negeri terus berkomunikasi dengan ketiga WNI tersebut, serta dengan perwakilan MER-C di Jakarta, untuk memastikan kondisi mereka baik.

Temukan berita terkini tepercaya dari kantor berita politik RMOL di berita Google.
Mohon mengikuti klik pada bintang.

READ  Dua oknum TNI diduga menyiksa Foodcourt 88 Kemang Jukir hingga menghitam



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *