Komisi Pemberantasan Korupsi menahan 1.569 tersangka



Hal itu diungkapkan Ketua KPK Firli Bahuri di hadapan ribuan massa yang hadir dalam pembukaan tersebut Pertunjukan keliling Bus KPK a Jalan menuju Hakordia di Balee Meuseraya Aceh (BMA), Banda Aceh, Kamis (9/11).

Ribuan tersangka sudah kami tangkap dan jumlahnya 1.569 tersangka, kata Firli Bahuri. Agensi Pers RMOLAceh.





Firli menyatakan, khusus periode 2020 hingga 2023, pihaknya menahan 513 tersangka korupsi.

Rinciannya, pada tahun 2020 sebanyak 109 tersangka, pada tahun 2021 sebanyak 127 tersangka, pada tahun 2022 sebanyak 149 tersangka, dan pada tahun 2023 sebanyak 128 tersangka.

“Ini belum akhir tahun, mudah-mudahan tidak bertambah,” ujarnya.

Menurut dia, dengan tindakan dan penangkapan tersebut, pihaknya menyelamatkan uang negara pemulihan properti hingga Rp 1,6 triliun selama empat tahun, mulai tahun 2020-2023.

Sekaligus, ia mengimbau masyarakat untuk memberantas korupsi dan tidak tergiur dengan perilaku buruk tersebut. Menurutnya, perilaku korupsi merupakan pengkhianatan terhadap negara.

“Tidak hanya merugikan keuangan negara dan perekonomian negara, korupsi juga telah merampas hak-hak masyarakat,” tegasnya.

Oleh karena itu, kata Firli, pihaknya gencar memberikan edukasi antikorupsi kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mencegah perilaku koruptif yang masih terus berkembang.

Di dalam lubang Pertunjukan keliling Bus KPK a Jalan menuju Hakordia juga dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, bupati dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Gubernur Jambi, Gubernur Riau dan tamu undangan lainnya.

Temukan berita terkini tepercaya dari kantor berita politik RMOL di berita Google.
Mohon mengikuti klik pada bintang.

READ  Soal boikot produk Israel, Wapres meminta umat Islam bijak menyikapi fatwa MUI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *